RESUME
MODUL F KP 6
MENGAPLIKASIKAN
PEMANFAATAN E-LEARNING
Oleh
Nurhayati Laneto
Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut
sebagai Learning Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle
merupakan perangkat lunak open source yang mendukung
implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun
untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola
yang ditetapkan.
1. Persiapan Course
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam
format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt),
gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf,
gif). Persiapan materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah
dibuat serta memerlukan program mapping. Program mapping ini bertujuan untuk memudahkan
teacher dalam melakukan pengeditan pada course. Program berisikan data tentang
pelajaran yang akan disajikan mengenai nama mata pelajaran,semester, guru,
deskripsi, tujuan pembelajaran dan lainnya. Berikut adalah contoh program
mapping yang harus dipersiapkan.
Program mapping berisikan materi-materi yang akan
disajikan pada course berupa file digital yang telah dibuat sebelumnya,
termasuk soal-soal dalam ujian. Jumlah topik dapat ditambahkan sesuai dengan jumlah
pertemuan yang direncanakan dalam satu semester.
2. Edit Profil User
1.
Login dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat atau diberikan
oleh admin
2.
Setelah login berhasil, di sebelah kanan atas akan tampil nama user name. Untuk
memulai mengubah profil, klik-lah nama tersebut
3.
Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Kemudian klik-lah
tab edit profile. Pada tab edit profile, Anda dapat mengubah berbagai
informasi pribadi, misalnya: nama, alamat email, kota, gambar pribadi, atau
informasi lainnya
4.
Setelah selesai mengubah profil, klik update profile yang terletak pada bagian
bawah halaman tersebut.
Setting Course
Setelah terdaftar sebagai pengguna biasa, seseorang dapat
diangkat menjadi Teacher (guru) oleh Admin. Seorang teacher dapat
mengubah setting course yang telah dibuat oleh course creator atau
admin dengan cara masuk ke dalam course yang dipilih atau yang baru
dibuat.
Program mapping berisikan materi-materi yang akan
disajikan pada course berupa file digital yang telah dibuat sebelumnya,
termasuk soal-soal dalam ujian. Jumlah topik dapat ditambahkan sesuai dengan
jumlah pertemuan yang direncanakan dalam satu semester.
Membuat Group pada Course
Seorang guru dapat mengatur siswa dalam kelompok-kelompok
dalam kursus, mata pelajaran atau dalam aktivitas tertentu. Semua aktivitas kelompok
memungkinkan siswa untuk menyaring dan berkontribusi di dalam kelompoknya.
Misalnya, menggunakan kelompok dalam pembagian kelas dalam forum diskusi
memungkinkan guru membatasi interaksi antara siswa kelas A dan kelas B.
Setting grup/
Setting grup/kelompok pada kursus/Mata
pelajaran
a) Masuk ke dalam kursus yang ingin dibagi dalam kelas atau
kelompok
b) Pastikan setting editing menjadi “ON” dengan
meng-klik “turn editing on”
menjadi “turn
editing off”
c) Lalu Klik “Settings” pada administrasi kursus seperti
gambar di atas.
d) Kemudian akan muncul gambar “Edit Course Setting” seperti
tampilan
dibawah ini.
e) Group mode dikelompokkan menjadi 3 yaitu : Tidak ada grup
(No group),
kelompok
yang terpisah (Separate Group) berarti siswa hanya pada kelompok yang sama
dapat melihat dan berpartisipasi dalam diskusi dalam forum tertentu tetapi
tidak bisa berinteraksi atau melihat forum diskusi kelas lain dalam satu Course/Mata
Pelajaran. Dan ketiga kelompok Terlihat (Visible Group) merupakan sistem
kelompok memungkinkan siswa kelas A untuk melihat diskusi kelompok lain (kelas
B), tetapi hanya berpartisipasi dalam
diskusi
kelompok mereka sendiri.
f) Lalu pilih “Yes” pada area force. Hal ini untuk membuat
atau mengatur
kelompok
menjadi terpisah pada semua aktifitas (tanpa perlu satu persatu aktifitas).
g) Default Grup dipilih none, agar awal pembuatan aktiftas
masih berstatus tidak ada grup.
h) Simpan Perubahan setting kursus tesebut dengan meng-klik
“save changes”. kembali ke tampilan awal kursus atau mata pelajaran.
Pembuatan grup pada suatu kursus/mata
pelajaran
1. Masuk ke dalam kursus yang ingin dibagi dalam kelas
atau kelompok
2. Klik “turn editing on”, lalu
3. Klik “ Groups”pada kolom administrasi kursus (Administration)
4.
Muncul tampilan seperti gambar berikut untuk membuat group baru,kemudian klik “Create
Group”.
5. Tambahkan nama grup pada “group name”
6.
Tambahkan deskripsi opsional (ditampilkan di atas daftar anggota kelompok pada
halaman peserta),
7. Isi Kunci Masuk (enrolment key)
8.
Pilih “YES” bila tadak ada gambar (yang ditampilkan pada halaman peserta
dan di samping posting forum), pilih
“no” bila ada gambar yang ditampilkan.
9. Upload gambar dengan mencari file gambar yang dituju
dengan klik “Browse”
10. Klik tombol “Save Change” untuk menyimpan
hasil pembuatan grup.
11. Lalu tampilan hasil pembuatan grup terdapat :
· Kolom
grup
· Kolom
member grup
· Tombol
menampilkan anggota grup
· Tombol
pengeditan grup (Edit Group Setting)
· Tombol
menghapus grup (Deleted Selected Group)
· Tombol
membuat grup baru (Create Group)
· Tombol
menambah dan mengurangi anggota grup
12. Klik Grup yang akan dipilih dan diisi anggotanya,
lalu klik “add/remove
users, pilih
pengguna yang ingin Anda tambahkan ke grup
13. Beberapa pengguna dapat dipilih satu persatu
menggunakan tombol Crtl
14. Klik tombol Add untuk menambahkan pengguna ke grup
15. Setelah nama anggota pindah ke kolom sebelah kiri,
berarti anggota
sudah terdaftar.
16. Klik “back to group” untuk melihat hasilnya seperti
tampilan gambar
17. Klik “Grouping” untuk membuat grouping dari group
yang ada, lalu tekan
“create grouping ” kemudian tampilan setelah
di-klik sebagai berikut:
18. Isi Nama Grup besar (Grpuing Name) dan isi keterangan
dari grup besar
tesebut (Group
description), lalu klik “Save Change” untuk menyimpan hasilnya.
19. Tampilan selanjutnya adalah keterangan hasil
pembuatan grup besar tadi (Grouping)
20.
Didalam Grup besar A belum ada grup yang masuk dan aktivitas masih kosong,
untuk memasukkan grup kecil
yang kita buat diawal.
21. Caranya dengan meng klik “gambar group: pada lokasi “edit”
seperti gambar di atas.
22.
Tampilan di atas merupakan proses penambahan grup kecil dengan nama kelas A
pada Grup besar A dengan mengklik “Add” maka grup akan berpindah menjadi
anggota grup besar. Setelah selesai Klik “Back to grouping”. Begitu juga dengan
Pembuatan grup selanjutnya dengan melakukan langkah-langkah kerja yang telah di
jelaskan di atas.
23.
Gambar di atas menunjukkan bahwa telah ada grup besar A yang terdiri dari kelas
A, dan grup besar B yang terdiri dari
kelas B. Kembali ke halaman kursus/mata pelajaran.
3. Cara Mendaftar ke Course dan
Grup Course Melalui Upload File
Untuk mendaftarkan diri ke dalam suatu course, siswa
dapat melakukan enrolment secara manual dengan meng-klik course yang
akan diikuitinya kemudian memasukkan enrollment key yang telah diberikan
oleh guru. Sedangkan untuk pendaftaran yang dilakukan secara massal dapat
dilakukan oleh admin dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Klik ‘OK’, kemudian muncul peringatan berikut dan klik
‘Yes’
2) Setelah file berhasil disimpan, kemudian kembali ke
Moodle dan lakukan langkah berikut
Langkah selanjutnya hanya dapat dilakukukan oleh Admin
3) Login sebagai Admin, kemudian melalui menu
Administration masuklah
ke “User >>
Account >> Upload User”,
4) “Browse” file *.csv yang tadi telah dibuat
5) Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti
gambar diatas kemudian klik “Upload users”
6)
Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka proses upload dapat
dilanjutkan, sedangkan jika muncul eror, ubah lagi CSV delimiter menjadi “,”
atau “:”. Hal ini bergantung pada setting regional masing-masing PC.
7)
Setelah muncul tampilan Upload Users Preview, ubah setting Upload type
menjadi “Update existing user
only” (hanya menambah data untuk user yang sudah ada). Kemudian klik
“Upload user” pada bagian bawah.
8)
Apabila proses upload berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Continue”
untuk melanjutkan proses lainnya.
9)
Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu kelas, maka dapat
ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file
10)
Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti langkah 2 sampai langkah 11.
Maka akan muncul tampilan seperti di
bawah ini. Klik “Continue
4. Penambahan Resource
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke dalam situs
web e-learning sekolah, pertama yaitu dengan cara mengetikkan materi yang
akan diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML) dan kedua dengan
meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat sebelumnya dalam bentuk
file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain. Dalam memasukkan materi pembelajaran
pada minggu tertentu (bila menggunakan format mingguan) atau pada topik
tertentu, gunakan menu
”Add a resource...” pada minggu tersebut. Kemudian
a) Insert a label/label :merupakan fungsi memasukkan teks atau
gambar yang langsung ditampilkan di kotak topik dan dapat digunakan sebagai deskripsi/ringkasan
utama materi.
b).
Compose a text page/halaman teks :merupakan fungsi untuk membuat halaman
teks yang akan ditampilkan dapat diketik langsung atau “copy & paste” dari
dokumen lain.
c).
Compose a web page/halaman web : mempunyai fungsi hampirs sama dengan
halaman teks, dan bisa diformat, ditambah gambar, dan link
d).
Link to a file or web site/link ke file atau web site : merupakan fungsi
untuk memberikan link ke file yang
sudah di-upload atau ke internet.
e).
Display a directory/direktori : merupakan fungsi untuk menampilkan
seluruh file dalam suatu direktori
f). Add an IMS content package/paket IMS :
merupakan fungsi untuk
menambah
paket IMS (instructional management system) Beberapa cara memasukkan
materi/resource ke dalam situs web elearnin sekolah antara lain:
a. Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi
teks dan gambar akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi
pembelajaran di halaman utama mata pelajaran. Ringkasan, isi materi dan gambar akan
dijadikan satu dalam suatu bentuk yang disebut Labels. Label berguna
sebagai instruksi pendek yang menginformasikan kepada siswa apa yang harus
dilakukan kemudian. Label dapat digunakan untuk menuliskan teks tambahan dalam
halaman course, misalnya untuk penjelasan suatu topik, pendahuluan suatu
materi, dan lain-lain. Label dapat berupa teks berformat, gambar, link, table
dan lain-lain. Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1)
Pada menu “Add a resource…” pilih “Insert a label”, kemudian akan
muncul form seperti pada tampilan
berikut
2)
Kemudian untuk membuat label pada suatu halaman course dapat mengetikkan
langsung pada form label dan memanfaatkan fungsi toolbar
untuk
menambahkan gambar, table, link, ataupun membuat teks berformat.
3) Untuk menambahkan gambar pada label dalam materi pilih
icon “insert image”.
4)
Pilih (ΓΌ) dan klik file gambar yang tersedia
hingga muncul “image url” nya atau apabila gambar belum tersedia maka
perlu di-upload terlebih dahulu, klik “browse” kemudian “upload”,
dan pilih gambar yang telah diupload tersebut.
5) Ketikkan nama gambar pada “alternate text”, kemudian
klik“ok”
6)
Kemudian pada form yang sama isilah deskripsi/ringkasan materi yang akan
diberikan untuk siswa, kemudian “save and return to course”. Maka akan
muncul tampilan label pada course seperti berikut;
b. Link to a file or website/Link ke
file atau web site
Materi dapat juga berasal dari situs web tertentu.
Setting yang harus dilakukan adalah seperti tampilan berikut. Langkah-langkah
membuat link materi adalah:
1) Klik tombol “Turn editing on”
2)
Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul tipe/format
bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”. Setelah
itu akan muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to week…”
3)
Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form
“Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan
deskripsi materi pelajaranLangkah-langkah membuat link materi adalah:
1)
Klik tombol “Turn editing on”
2) Klik bagian “Add a resource” pada panel utama,
akan muncul
tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat,
pilih “Link to a file or website”. Setelah itu maka muncul tampilan
halaman form “Adding a new Resource to week…”
3)
Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form
“Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan
deskripsi materi pelajaran
format word, powerpoint, dan excel dapat
ditampilkan secara online dengan menggunakan browser internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar