Sabtu, 22 April 2017


RESUME MODUL F KP 6

MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING
Oleh Nurhayati Laneto

Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learning Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.

1.    Persiapan Course
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif). Persiapan materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah dibuat serta memerlukan program mapping. Program mapping ini bertujuan untuk memudahkan teacher dalam melakukan pengeditan pada course. Program berisikan data tentang pelajaran yang akan disajikan mengenai nama mata pelajaran,semester, guru, deskripsi, tujuan pembelajaran dan lainnya. Berikut adalah contoh program mapping yang harus dipersiapkan.

Program mapping berisikan materi-materi yang akan disajikan pada course berupa file digital yang telah dibuat sebelumnya, termasuk soal-soal dalam ujian. Jumlah topik dapat ditambahkan sesuai dengan jumlah pertemuan yang direncanakan dalam satu semester.

2.    Edit Profil User

1. Login dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat atau diberikan oleh   admin
2. Setelah login berhasil, di sebelah kanan atas akan tampil nama user name. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama tersebut
3. Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Kemudian klik-lah tab edit profile. Pada tab edit profile, Anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi, misalnya: nama, alamat email, kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya
4. Setelah selesai mengubah profil, klik update profile yang terletak pada bagian bawah   halaman tersebut.

Setting Course
Setelah terdaftar sebagai pengguna biasa, seseorang dapat diangkat menjadi Teacher (guru) oleh Admin. Seorang teacher dapat mengubah setting course yang telah dibuat oleh course creator atau admin dengan cara masuk ke dalam course yang dipilih atau yang baru dibuat.
Program mapping berisikan materi-materi yang akan disajikan pada course berupa file digital yang telah dibuat sebelumnya, termasuk soal-soal dalam ujian. Jumlah topik dapat ditambahkan sesuai dengan jumlah pertemuan yang direncanakan dalam satu semester.

Membuat Group pada Course
Seorang guru dapat mengatur siswa dalam kelompok-kelompok dalam kursus, mata pelajaran atau dalam aktivitas tertentu. Semua aktivitas kelompok memungkinkan siswa untuk menyaring dan berkontribusi di dalam kelompoknya. Misalnya, menggunakan kelompok dalam pembagian kelas dalam forum diskusi memungkinkan guru membatasi interaksi antara siswa kelas A dan kelas B.
Setting grup/
Setting grup/kelompok pada kursus/Mata pelajaran
a) Masuk ke dalam kursus yang ingin dibagi dalam kelas atau kelompok
b) Pastikan setting editing menjadi “ON” dengan meng-klik “turn editing on
     menjadi “turn editing off
c) Lalu Klik “Settings” pada administrasi kursus seperti gambar di atas.
d) Kemudian akan muncul gambar “Edit Course Setting” seperti tampilan
    dibawah ini.
e) Group mode dikelompokkan menjadi 3 yaitu : Tidak ada grup (No group),
kelompok yang terpisah (Separate Group) berarti siswa hanya pada kelompok yang sama dapat melihat dan berpartisipasi dalam diskusi dalam forum tertentu tetapi tidak bisa berinteraksi atau melihat forum diskusi kelas lain dalam satu Course/Mata Pelajaran. Dan ketiga kelompok Terlihat (Visible Group) merupakan sistem kelompok memungkinkan siswa kelas A untuk melihat diskusi kelompok lain (kelas B), tetapi hanya berpartisipasi dalam
diskusi kelompok mereka sendiri.
f) Lalu pilih “Yes” pada area force. Hal ini untuk membuat atau mengatur
kelompok menjadi terpisah pada semua aktifitas (tanpa perlu satu persatu aktifitas).
g) Default Grup dipilih none, agar awal pembuatan aktiftas masih berstatus tidak ada grup.
h) Simpan Perubahan setting kursus tesebut dengan meng-klik “save changes”. kembali ke tampilan awal kursus atau mata pelajaran.

Pembuatan grup pada suatu kursus/mata pelajaran
1. Masuk ke dalam kursus yang ingin dibagi dalam kelas atau kelompok
2. Klik “turn editing on”, lalu
3. Klik “ Groups”pada kolom administrasi kursus (Administration)
4. Muncul tampilan seperti gambar berikut untuk membuat group baru,kemudian klik “Create  Group”.
5. Tambahkan nama grup pada “group name”
6. Tambahkan deskripsi opsional (ditampilkan di atas daftar anggota kelompok pada halaman   peserta),
7. Isi Kunci Masuk (enrolment key)
8. Pilih “YES” bila tadak ada gambar (yang ditampilkan pada halaman peserta dan di samping  posting forum), pilih “no” bila ada gambar yang ditampilkan.
9. Upload gambar dengan mencari file gambar yang dituju dengan klik “Browse
10. Klik tombol “Save Change” untuk menyimpan hasil pembuatan grup.
11. Lalu tampilan hasil pembuatan grup terdapat :
· Kolom grup
· Kolom member grup
· Tombol menampilkan anggota grup
· Tombol pengeditan grup (Edit Group Setting)
· Tombol menghapus grup (Deleted Selected Group)
· Tombol membuat grup baru (Create Group)
· Tombol menambah dan mengurangi anggota grup
12. Klik Grup yang akan dipilih dan diisi anggotanya, lalu klik “add/remove
      users, pilih pengguna yang ingin Anda tambahkan ke grup
13. Beberapa pengguna dapat dipilih satu persatu menggunakan tombol Crtl
14. Klik tombol Add untuk menambahkan pengguna ke grup
15. Setelah nama anggota pindah ke kolom sebelah kiri, berarti anggota
      sudah terdaftar.
16. Klik “back to group” untuk melihat hasilnya seperti tampilan gambar
17. Klik “Grouping” untuk membuat grouping dari group yang ada, lalu tekan
create grouping ” kemudian tampilan setelah di-klik sebagai berikut:
18. Isi Nama Grup besar (Grpuing Name) dan isi keterangan dari grup besar
     tesebut (Group description), lalu klik “Save Change” untuk menyimpan hasilnya.
19. Tampilan selanjutnya adalah keterangan hasil pembuatan grup besar tadi (Grouping)
20. Didalam Grup besar A belum ada grup yang masuk dan aktivitas masih kosong, untuk            memasukkan grup kecil yang kita buat diawal.
21. Caranya dengan meng klik “gambar group: pada lokasi “edit” seperti gambar di atas.
22. Tampilan di atas merupakan proses penambahan grup kecil dengan nama kelas A pada Grup besar A dengan mengklik “Add” maka grup akan berpindah menjadi anggota grup besar. Setelah selesai Klik “Back to grouping”. Begitu juga dengan Pembuatan grup selanjutnya dengan melakukan langkah-langkah kerja yang telah di jelaskan di atas.
23. Gambar di atas menunjukkan bahwa telah ada grup besar A yang terdiri dari kelas A, dan   grup besar B yang terdiri dari kelas B. Kembali ke halaman kursus/mata pelajaran.

3. Cara Mendaftar ke Course dan Grup Course Melalui Upload File
Untuk mendaftarkan diri ke dalam suatu course, siswa dapat melakukan enrolment secara manual dengan meng-klik course yang akan diikuitinya kemudian memasukkan enrollment key yang telah diberikan oleh guru. Sedangkan untuk pendaftaran yang dilakukan secara massal dapat dilakukan oleh admin dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Klik ‘OK’, kemudian muncul peringatan berikut dan klik ‘Yes’
2) Setelah file berhasil disimpan, kemudian kembali ke Moodle dan lakukan langkah berikut
    Langkah selanjutnya hanya dapat dilakukukan oleh Admin
3) Login sebagai Admin, kemudian melalui menu Administration masuklah
ke “User >> Account >> Upload User”,
4) “Browse” file *.csv yang tadi telah dibuat
5) Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti gambar diatas kemudian klik “Upload users”
6) Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka proses upload dapat dilanjutkan, sedangkan jika muncul eror, ubah lagi CSV delimiter menjadi “,” atau “:”. Hal ini bergantung pada setting regional masing-masing PC.
7) Setelah muncul tampilan Upload Users Preview, ubah setting Upload type menjadi   “Update existing user only” (hanya menambah data untuk user yang sudah ada). Kemudian klik “Upload user” pada bagian bawah.
8) Apabila proses upload berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Continue”  untuk melanjutkan proses lainnya.
9) Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu kelas, maka dapat ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file
10) Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti langkah 2 sampai langkah 11. Maka akan     muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Continue

4. Penambahan Resource
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke dalam situs web e-learning sekolah, pertama yaitu dengan cara mengetikkan materi yang akan diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML) dan kedua dengan meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat sebelumnya dalam bentuk file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain. Dalam memasukkan materi pembelajaran pada minggu tertentu (bila menggunakan format mingguan) atau pada topik tertentu, gunakan menu
”Add a resource...” pada minggu tersebut. Kemudian

a) Insert a label/label :merupakan fungsi memasukkan teks atau gambar yang langsung ditampilkan di kotak topik dan dapat digunakan sebagai deskripsi/ringkasan utama materi.
b). Compose a text page/halaman teks :merupakan fungsi untuk membuat halaman teks yang akan ditampilkan dapat diketik langsung atau “copy & paste” dari dokumen lain.
c). Compose a web page/halaman web : mempunyai fungsi hampirs sama dengan halaman teks, dan bisa diformat, ditambah gambar, dan link
d). Link to a file or web site/link ke file atau web site : merupakan fungsi untuk memberikan   link ke file yang sudah di-upload atau ke internet.
e). Display a directory/direktori : merupakan fungsi untuk menampilkan seluruh file dalam suatu direktori
f). Add an IMS content package/paket IMS : merupakan fungsi untuk
menambah paket IMS (instructional management system) Beberapa cara memasukkan materi/resource ke dalam situs web elearnin sekolah antara lain:

a. Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi teks dan gambar akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi pembelajaran di halaman utama mata pelajaran. Ringkasan, isi materi dan gambar akan dijadikan satu dalam suatu bentuk yang disebut Labels. Label berguna sebagai instruksi pendek yang menginformasikan kepada siswa apa yang harus dilakukan kemudian. Label dapat digunakan untuk menuliskan teks tambahan dalam halaman course, misalnya untuk penjelasan suatu topik, pendahuluan suatu materi, dan lain-lain. Label dapat berupa teks berformat, gambar, link, table dan lain-lain. Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1) Pada menu “Add a resource…” pilih “Insert a label”, kemudian akan muncul form seperti  pada tampilan berikut
2) Kemudian untuk membuat label pada suatu halaman course dapat mengetikkan langsung pada form label dan memanfaatkan fungsi toolbar
   untuk menambahkan gambar, table, link, ataupun membuat teks berformat.
3) Untuk menambahkan gambar pada label dalam materi pilih icon “insert image”.
4) Pilih (ΓΌ) dan klik file gambar yang tersedia hingga muncul “image url” nya atau apabila gambar belum tersedia maka perlu di-upload terlebih dahulu, klik “browse” kemudian “upload”, dan pilih gambar yang telah diupload tersebut.
5) Ketikkan nama gambar pada “alternate text”, kemudian klik“ok”
6) Kemudian pada form yang sama isilah deskripsi/ringkasan materi yang akan diberikan untuk siswa, kemudian “save and return to course”. Maka akan muncul tampilan label pada course seperti berikut;

b. Link to a file or website/Link ke file atau web site
Materi dapat juga berasal dari situs web tertentu. Setting yang harus dilakukan adalah seperti tampilan berikut. Langkah-langkah membuat link materi adalah:
1) Klik tombol “Turn editing on”
2) Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”. Setelah itu akan muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to week…”
3) Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajaranLangkah-langkah membuat link materi adalah:
1) Klik tombol “Turn editing on”
2) Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul
  tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”. Setelah itu maka muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to week…”
3) Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajaran
    format word, powerpoint, dan excel dapat ditampilkan secara online dengan menggunakan browser internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESUME MODUL G KP 9 PRODUKSI FILM PENDEK Oleh Nurhayati Laneto 1. Produksi Film Pendek Proses membuat film berarti mempertemuka...