MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh Nurhayati Laneto
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.Association of Education and Communication Technology (AECT : 1977) memberikan batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Apabila media tersebut membawa informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud pengajaran maka media itu disebut dengan media pembelajaran. Menurut Gagne dan Briggs (1975), media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, seperti buku, tape-recorder, kaset, video kamera, visio recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan komputer. Jadi yang dimaksud media pembelajaran segala sesuatu yang sudah berisi materi pembelajaran, yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai indikator kompetensi pada rana kognitif (pengetahuan); afektif (perubahan sikap) dan psikomotorik (keterampilan).
Beberapa fungsi media pembelajaran menurut Santyasa, W., ( 2007:5-6) sebagai berikut.
a) Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak objek yang tidak mungkin dilihat secara langsung di kelas karena: lokasi objek sangat jauh, terlalu besar atau kecil, bergerak terlalu lambat atau cepat, terlalu kompleks, mudah rusak, bersuara sangat halus, berbahaya.
b) Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan dan perbedaan pengalaman. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung, maka objek tesebut dapat dibawa ke dalam kelas.
c) Media pembelajaran dapat menjangkau audien yang besar jumlahnya dan memungkinkan mengamati objek secara bersamaan, melalui siaran radio, televisi mengikuti pembelajaran secara bersamaan.
d) Media pembelajaran yang tepat dapat memberikan ilustrasi konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis.
e) Media pembelajaran yang baik juga dapat merangsang dan membangkitkan motivasi dan minat belajar.
f) Media pembelajaran interaktif memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan sumber belajar dan pelaksanaan belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan waktu masing-masing.
Tahapan mengolah dan menyajikan materi pembelajaran ke dalam media berbasis TIK, menurut Elang Krisnadi (2009).
1. Kumpulkan sumber-sumber yang memuat materi sesuai topik-topik pembelajaran berdasarkan kurikulum, kompetensi yang ingin dicapai.
2. Pemilihan sumber-sumber ini mempertimbangkan isi, tingkat keterbacaan, dan integritas penulisnya.
3. Buat rancangan struktur isi (outline) media dan urutan penyajian materi serta bentuk interaksi sesuai dengan alur pembelajaran yang diharapkan.
4. Pilih materi-materi yang sesuai dari sumber-sumber yang sudah
terkumpul dan sajikan isi setiap topik secara singkat dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi/visualisasi dalam bentuk gambar, grafik, diagram, foto, animasi, atau audio-video.
5. Didalam memberikan visualisasi materi tekstual, pengembangan media perlu memperatikan persyaratan VISUALS.
2. Menerapkan Media Pembelajaran Berbasis TIK
Menurut Asyhar (2011: 44) media pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi empat jenis.
a. Media Visual Jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan
b. Media Audio Jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera pendengaran peserta didik. Pesan dan informasi yang diterimanya adalah berupa pesan verbal seperti bahasa lisan, kata-kata dan lain-lain.
c. Media Audio-visual Jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media, dapat berupa pesan verbal dan non verbal yang mengandalkan penglihatan.maupun pendengaran. Contoh media audio-visual adalah film, video, program TV.
d. Multimedia, adalah Media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan indera penglihatan dan pendengaran.
3. Mengembangkan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan adalah media presentasi, Menggunakan teknologi informasi presentasi media pembelajaran dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa, karena media presentasi memberikan kesan visual yang tidak dapat digambarkan di papan tulis. Satu diantara beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk mempresentasikan media pembelajaran adalah Microsoft Office Powerpoint .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar