Jumat, 14 April 2017

Resume Modul F Pedagogik KP 1


Resume modul F Pedagogik
KP 1
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
Oleh Nurhayati Laneto

Ruang Lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT)
mencakup dua aspek kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi, sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Singkatnya bahwa
informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses dan menjadi data yang akan diolah menjadi informasi yang lainnya.Gatot Pramono (2008: 3) memberikan batasan istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI, CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning). Paket-paket ini tidak secara eksplisit mencantumkan multimedia di dalamnya, tetapi paketpaket tersebut merupakan multimedia dalam arti luas seperti; teks, audio, animasi, video, bahkan penggunaan metode simulasi seperti teks dan gambar
.
Beberapa keuntungan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran menurut, Roblyer & Edward, (2000; 13); Mappalotteng, A.M. (2011:10):
1. Motivasi dapat meningkatkan perhatian pembelajar, melibatkan pembelajarmenghasilkan            pekerjaan dan meningkatkan kontrol belajar
2. Dukungan terhadap pendekatan pengajaran baru yakni kooperatif, share intellegence, problem solving, kecakapan intelektual tingkat tinggi
3. Kapabilitas pengajaran (instructional) dapat menghubungkan pembelajar pada sumber informasi, menolong pembelajar memvisualisasi masalah dan persoalan, pelacakan perkembangan belajar, menghubungkan pembelajar pada learning tools
4. Peningkatan produktivitas pengajar, pengajar memiliki waktu luang dalam pembelajar sebagai fasilitator, menyediakan informasi yang lebih akurat dan cepat, memberi kesempatan pengajar untuk memproduksi bahan pengajaran menjadi lebih menarik dan student-friendly secara lebih cepat
5.Membantu melatih kecakapan yang dibutuhkan dalam era teknologi informasi antara lain untuk melek teknologi, informasi dan visual.

Secara operasional, yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis TIK adalah aktivitas pembelajaran yang didukung oleh infrastruktur TIK, menggunakan aplikasi pengelolaan pembelajaran dan aturan yang dirancangkan menggunakan konten digital (Digital Based Content).
1. Perangkat keras (Hardware); Peralatan-peralatan yang bersifat fisik seperti memory, printer dan keyboard.Fungsi dari perangkat-perangkat ini sangat beragam, diantaranya sebagai alat input, alat output, perangkat pemroses data dan juga sebagai alat tambahan/asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada di semua sistem personal komputer (PC).
2. Perangkat lunak (Software) : Instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi. Terdiri dari Software sistem dan Software aplikasi. Software sistem: Sistem Operasional dan Program Utilitas Software Aplikasi: Dirancang untuk menyelesaikan aplikasi
tertentu. Software sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer, perawatan, maupun pemrogramannya. Software Word Processor (pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar, memiliki keistimewaan dalam, penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan. Mempunyai ciri khas umum dalam mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen. Software Aplikasi yang membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas tugas, sudah tersedia dalam bentuk paket-paket program, seperti Microsoft Office Word, Excel,Winamp, Adobe, Corel Draw, dll Sistem Operasi Software Aplikasi Program Utilitas DOS, Windows 9x, 2000, ME, XP, Linux,dll Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll Ms. Word, Ms. Excel, Winamp, Adobe, Corel
Draw, dll.
 Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat komponen dasar, yaitu :
(1) Perangkat keras (Hardware); (2) Perangkat Lunak (Software); (3) Manusia
(Brainware).
1) Perangkat keras adalah komponen fisik sistem komputer terdiri atas :
 a. Piranti Masukan (Input Device); peralatan yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Contoh : Keyboard dan Scanner.
b. Piranti Pengolah (Central Processing Unit =CPU); CPU terdiri dari ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit berfungsi sebagai otak sistem komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengolahan data menjadi informasi.
c. Piranti Keluaran (Output Device); berfungsi sebagai media komputer untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer. Contoh : Monitor, Printer, Plotter, Speaker, Modem, dll.
d. Penyimpan Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R, CD-RW,dll).
2) Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a. Sistem Operasi, adalah bagian perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), dll
b. Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus,partisi, manajemen hardisk, dll.Contoh: Norton Utilities,PartitionMagic dll
c. Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja :
Lotus123, MS Excell, dll
3) Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer, diantaranya adalah;
a. Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c. Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESUME MODUL G KP 9 PRODUKSI FILM PENDEK Oleh Nurhayati Laneto 1. Produksi Film Pendek Proses membuat film berarti mempertemuka...